Membuat Toko Online dengan system Affiliasi


Artikel ini saya kutip dari kamar cafebisnis milik Mas Lutvi Affandi senior master wordpress, mungkin bisa menambah wawasan bukan sekedar ngisi blog belaka, anda pun bisa akses penuh dan belajar wordpress di cafe bisnis milik mas lutvi. disini anda akan di ajarkan seluk beluk wordpress sampai anda mahir. Daftar silahkan klik link ini : cafebisnis.com

silahkan dibaca :

Sudah mulai banyak yang berminat dengan script yang memungkinkan membangun sebuah web toko online dengan menggunakan system affiliasi seperti Amazon gitu. Nah, kebetulan tadi malam saya pengen coba-coba cek kembali plugin YAK for WordPress kok ternyata menemukan plugin yang lain. Kerennya lagi plugin ini dapat digabungkan dengan plugin lain yang memungkinkan membuat sebuah toko online dengan fasilitas affiliasi. Berita gembiranya lagi, plugin2 tersebut gratis hehehe...
Namun, karena ada beberapa kelemahan dalam plugin tersebut terutama saat kebanjiran order dan menangani member yang berjumlah ribuan seperti cafebisnis ini, butuh sedikit kerja keras untuk mengelolanya hehehe...
Bagi yang sudah dimanjakan oleh plugin wp-affiliasi, mungkin akan puyeng sendiri saat menggunakan plugin ini. Semua serba manual, mulai proses penggantian status, hingga pembayaran. Jadi, jika ada 1 pemasar mendapatkan 10 order sehari sehingga 300 order dlm sebulan, maka untuk membayar komisinya, harus menetapkan satu per satu komisi tiap order dengan status dibayar. Capek deh. Kalau di wp-affiliasi kan enak ya, komisi dikumpulin dulu, ntar tinggal bayar deh totalnya berapa.
Nah, sekarang saya coba shae dulu aja ya nama-nama pluginnya. Mungkin ada yang bisa explore lebih banyak. Tapi yang jelas dengan bekal 3 plugin tersebut sudah dapat membangun sebuah system toko online dengan fasilitas affiliasi.
Apa saja pluginnya?
1. eShop
Dapat didownload disini: http://wordpress.org/extend/plugins/eshop/
Plugin ini menangani masalah toko onlinenya. Jadi kalau mau bikin toko online, cukup menggunakan plugin ini saja sudah beres
2. Affiliate
Dapat didownload disini: http://wordpress.org/extend/plugins/affiliates/
Plugin ini menangani masalah affiliasinya. Dia mengatur cookies dan member area
3. Affiliate eShop Integrated Light
Dapat didownload disini: http://wordpress.org/extend/plugins/affiliates-eshop-light/
Plugin ini yang akan menghubungkan antara affiliate dan eShop sehingga menjadi sebuah system toko online yang terintegrasi dengan system affiliasi.
Untuk saat ini mungkin masih belum masuk di tutorial cafebisnis karena ada beberapa kelemahan-kelemahan yang menurut saya perlu diperbaiki dulu. Namun, bagi yang ingin mencoba tantangan, silahkan pergunakan plugin2 tersebut. Tutorial penggunaan dapat dibaca disini:
  1. http://quirm.net/wiki/eshop/
  2. http://www.itthinx.com/plugins/affiliates-eshop-light/
Selamat berburu :)

3 Responses to "Membuat Toko Online dengan system Affiliasi"

  1. Membuat toko online memang tidak mudah tapi ada bisa menggunakan platform toko online jejualan bagi newbie untuk berjualan online.

    BalasHapus
  2. Bikin online shop masih ribet? Kamu bisa mencoba buat Toko Online dengan Jejualan.com Aman, Cepat & Mudah. Hanya 20 Detik!

    BalasHapus
  3. Bingung jualan online? Kalau kamu pemula bisa mencoba Jasa Pembuatan Toko Online dengan Jejualan. Aman, Mudah & Terpercaya.

    BalasHapus